Saya memang pendongeng, tetapi bukan pendongeng yang menyampaikan kisah-kisah secara lisan dengan sangat menarik. Bukan. Saya adalah pendongeng yang menyampaikan cerita lewat ketikan di depan komputer. Saat itulah saya merasa berada di alam dongeng yang saya ciptakan sendiri. Merangkai kata demi kata, adegan demi adegan, sehingga mewujud sebuah cerita.

konser JK

Jubing di konser Pagi Putih, Bentara Budaya Jakarta. Saya nonton layar tancap konser di halaman BBJ sambil mengobrol dengan Pepih Nugraha, salah satu pendiri Kompasiana.

Coba minta saya mendongeng di depan orang banyak, tentu saya akan gemetar dan panas dingin. Itu terjadi dan saya pernah diminta beberapa kali mendongeng.

Pertama waktu buku Seri Putri dari Gramedia Pustaka Utama terbit tahun 2007. Saya diminta mendongeng dan saya sungguh tidak percaya diri, sehingga saya gandeng pendongeng profesional, Mbak Eva Sinaga. Jadi saat itu saya duet.

Lama tidak ada permintaan dan saya merasa tenang, kesempatan itu muncul tahun lalu. Saya terpilih sebagai salah satu penulis yang berangkat ke Frankfurt Book Fair, Oktober 2015 lalu. Dan coba tebak, selain jadi pembicara saya juga diminta mendongeng! Namun karena waktu untuk bersiap-siap ada, saya terima tantangannya.

bukurenny

Buku “8 Kisah Indah tentang Sakura” ada di Island of Tales, Faviliun Indonesia di Frankfurt Book Fair 2015. Faviliun Indonesia memang remang-remang, dibeberapa tempat dihiasi lampu.

Sebelum berangkat ke Frankfurt, Ibu Nova dari IKAPI memberi kesempatan pada saya untuk tampil 1 jam di acara Indonesia International Book Fair di JCC, Jakarta. Akhirnya saya isi dengan mendongeng. Saya bawakan dongeng Ikan-Ikan Penari dan Lautan Susu Coklat. Saat itu karena termasuk dadakan, saya hanya bisa mengumumkan di media sosial kalau saya mau mendongeng.

Ditemani dua teman yaitu Rizki dan Quirin, saya mendongeng. Teman-teman saya karena dadakan enggak mau ikut mendongeng. Mereka akhirnya bertugas memegang alat peraga. Saat itu saya hanya bertekad untuk nekad. Untunglah ada beberapa balita dan orang tuanya ada di sekitar panggung dan langsung duduk. Juga Mbak Anika Suli, guru yang pandai mendongeng datang memberi saya semangat.

Dongeng berjalan lancar karena saya baca dari buku disertai interaksi dengan anak-anak yang makin banyak jumlahnya. Saya tidak malu untuk memanggil anak-anak saat mereka lewat panggung.

Di Frankfurt, saya mendongeng ditemani Ibu Gudrun. Saya mendongeng dalam bahasa Indonesia, dan Bu Gudrun menerjemahkannya ke dalam Bahasa Jerman. Entah bagaimana penampilan saya, tapi saya lega karena saya berhasil melewatinya. Bahkan setelah dongeng ada orang tua yang membawa anak kecil bertanya pada saya, apakah cerita yang saya bawakan (dari buku saya Lumba-Lumba) sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Jerman? Ah, sayangnya belum. Sambil berdoa semoga suatu saat Lumba-Lumba terbit di Jerman dan negara-negara lain. Aamiin.

renni frankfurt

Hari terakhir di Frankfurt sempat berkunjung ke Romer.

Nah, sabtu besok (21/5) saya akan mendongeng lagi. Kali ini datang dari keinginan saya, untuk meramaikan acara Canda Warna Nusantara di Alun-Alun Indonesia, Grand Indonesia, dimana saya buka stand buku cerita anak (10 Mei-8 Juni). Saya menjual buku-buku cerita saya, Era, dan Dian di sana.

Kali ini dongengnya agak beda, karena diiringi oleh gitaris terkenal, Jubing Kristianto. Saya akan membawakan dua dongeng, dongeng dari laut dan dongeng dari gunung. Ha ha… teringat Pak Kobayashi, kepala sekolah Toto chan yang selalu menyediakan makanan dari gunung dan laut.

image003

Tanggal 21 Mei pukul 15.30 saya akan mendongeng di acara yang berlangsung sebulan ini.

Seperti apa dongengnya besok? Saya juga belum tahu, yang pasti sih karena ada Jubing, rasanya suasana akan lebih indah.

Walau sampai malam ini saya masih batuk-batuk, tapi semoga besok sehat kembali dan semuanya berjalan lancar. Aamiin.

Teman-teman yang weekend belum punya acara, silakan datang ke Grand Indonesia lantai 3, ya di Alun Alun Indonesia, sabtu 21 Mei 2016, jam 15.30.

Sampai ketemu, teman-teman.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

6 Response Comments

  • Helena  May 20, 2016 at 2:24 pm

    Wah..sepertinya bakal belanja buku dongeng buat anak. Sukses acaranya mba..

    Reply
    • renny  May 28, 2016 at 1:00 pm

      Terima kasih banyak, Mbak Helena.
      Buku-buku dongeng yang bagus tersedia di stand buku anak di Event Canda Warna Nusantara. Stand saya sampai 8 Juni, masih ada waktu.
      Tanggal 4 dan 5 Juni ada lagi dongeng di tempat yang sama, yang dongeng teman-teman saya :)

      Reply
  • Agung Han  May 20, 2016 at 8:56 pm

    Sukses utk acara di Grand Indonesia mbak
    salam sehat dan semangat amin

    Reply
    • renny  May 28, 2016 at 1:01 pm

      Terima kasih banyak, Mas Agung Han.
      Syukurlah acara berjalan baik dan lancar.

      Reply
  • cputriarty  May 21, 2016 at 4:06 am

    kalo dket pasti saya sempatkan datang sama anak2 (sambil dibisikin “tuh penulis keren idola mama dari dulu”)
    Sukses untuk event menariknya ya mbak ^_^

    Reply
    • renny  May 28, 2016 at 1:02 pm

      Terima kasih banyak, Mbak Arty.
      Memang rumahnya dimana? :)
      Masih ada dongeng dari teman-teman saya tanggal 4 dan 5 Juni nanti :)

      Reply

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter a message.
situspoker situspoker situspoker bandarpoker pokercapsa pokerdomino situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru pokerterbaru pokerterbaru poker poker pokerv365 pokeridn